Egois

 




Sifat yang maunya menang sendiri, sifat yang menganggap diri sendiri paling benar dan paling baik. Setiap ada kejadian yang melibatkan nya, selalu saja dia (egois) memposisikan diri sendiri sebagai korban. Ah,sifat yang satu ini benar-benar membuat emosi.setiap manusia memang punya sifat egois. Tapi manusia sendiri punya pilihan, mau menuruti egonya atau tidak. Ya manusia yang bisa mengendalikan egonya adalah manusia yang bisa menahan nafsunya, nafsu untuk marah, nafsu untuk menang sendiri dan nafsu yang buruk lainnya. Mereka yang egois tidak pernah berpikir tentang perasaan orang lain, yang mereka pikirkan hanya diri sendiri. Orang egois tidak akan mau kalah dengan orang lain. Sifat egois saat diajak berpendapat lebih suka berdebat, karna merasa pendapatnya lebih benar. Egois akan sulit menerima masukan dari orang lain. Saat dia(sifat egois) dalam keadaan salah sekalipun tidak akan mengakuinya yang dilakukan justru mencari pembenaran atas perbuatannya.

Dilihat dari sudut pandang mana pun sifat egois itu buruk. Buat kalian yang punya sifat egois, kurang -kurangin deh, kalian gak akan menjadi lebih baik kok, gak akan kaya dan terkenal pula, yang ada kalian malah rugi. Kenapa rugi? Karna kalian akan dijauhi, males juga orang lain mau berkawan sama kalian. Kalian hanya akan dianggap pengganggu,orang lain akan merasa terganggu dengan sikap egois kalian. Jadi tolong buang jauh-jauh sifat egois kalian.

Tapi rasa-rasanya susah sih untuk menghilangkan sifat egois itu. Apalagi jika sudah merasa memiliki semuanya, maka sifat egois itu akan semakin kuat. Sebenarnya egois itu juga dibutuhkan sih dalam beberapa hal, contohnya "saat kamu merasa dimanfaatkan oleh orang lain, jangan mudah percaya dengan apa yang dikatakannya, kamu harus menulikan telinga, kamu harus mementingkan diri sendiri. Supaya kamu tidak mudah untuk dimanfaatkan"." Ada pula saat kamu merasa benar, kamu harus buktikan, jangan lemah, kamu boleh menggunakan egomu, agar kamu lebih yakin dalam mengambil tindakan, agar kamu tidak mengalah dengan alasan yang tidak rasional. Meskipun mengalah nampaknya lebih baik, tapi percayalah saat kamu berpegang dengan kebenaran itu jauh lebih baik, karna nama baikmu yang akan menjadi taruhannya.

Pada intinya mari perbaiki diri kita, jangan jadi individu yang egois. Mari kita buka pemikiran kita jauh kedepan. Mari kita lebih peka dengan perasaan orang sekitar. Yakinlah hidup rukun tanpa saling berebut dan ingin menang sendiri itu adalah yang terbaik. Hidup saling berdampingan dengan sifat masing-masing yang jauh lebih baik. Buanglah sifat-sifat buruk dalam diri. Jika kita berbenah diri, maka lingkungan sekitar pun akan mengikuti, hal positif akan sering terjadi. Beda cerita jika sifat-sifat buruk masih ada didalam diri, pasti hidup akan terasa lebih sulit. Mari kita perbaiki diri. Diri buang semakin baik untuk pribadi dan orang lain. Terimakasih

0 Response to "Egois"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Feed 1

Feed 2