Percayakan Bangunan Anda kepada Semen Baturaja: Terpercaya, Kualitas Terjaga, dan Tahan Lama

 

Sebagian dari kita akan ragu-ragu untuk memilih produk semen yang akan digunakan di sebuah gedung yang akan dibangun.  Bayangan bangunan yang rapuh akibat dari produk semen yang kurang  terjamin membuat kita  semakin tidak percaya diri untuk segera membuat hunian impian.

Coba kita bersama bayangkan, bagaimana jika bangunan yang telah jadi ternyata tidak tahan lama serta ringkih. Tentu akan memunculkan rasa kecewa serta ke khawatiran, padahal hunian yang telah dibangun seharusnya menjadi tempat yang aman dan nyaman tetapi justru menimbulkan kecemasan.

Oleh karena itu, sebagai konsumen kita harus teliti, jeli, serta berhati-hati dalam memilih produk semen yang akan digunakan, dengan memilih produk yang telah terpercaya serta telah memenuhi kriteria SNI.

PT Semen Baturaja (Persero) Tbk merupakan perusahaan yang menyediakan produk semen yang terpecaya, dengan kualitas yang terjaga melalui proses produksi yang ketat, serta tentunya tahan lama karena telah memenuhi kriteria SNI. 

PT Semen Baturaja (Persero) Tbk telah didirikan sejak 14 November 1974 tentu telah memiliki riwayat yang cukup panjang serta meyakinkan. Hal tersebut dibuktikan dengan diraihnya beberapa sertifikasi serta penghargaan yang diberikan kepada perusahaan tersebut.

 

PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) pada tanggal 24 Agustus 2022 baru saja meraih Sertifikat Indonesia Industry 4.0 (INDI) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia

 

 Kemudian pada tanggal 27 Mei 2022 menerima penghargaan ''The 13th IICD Corporate Governance Award 2022 Best Owned Enterprise & Top 50 Mid Capitalization Public Listed Company (Mid PLCs) dari IICD (Indonesia Institute for Corporate Directorship)”

 

Serta, diraihnya Program Penilian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) Peringkat Biru dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI kepada Pabrik PT Semen Baturaja (Persero) Tbk yang berada di Palembang, Baturaja, dan Panjang. Serta, masih banyak penghargaan lainnya. Hal tersebut sesuai dengan visi yang di usung yaitu Menjadi Green Cement Based Building Material Company  terdepan di Indonesia. 

          Proses produksi PT Semen Baturaja (Persero) Tbk melalui proses yang sangat ketat untuk mendapatkan produk yang bekualitas yang secara garis besar melalui tujuh tahapan, sebagai berikut.

 

1) Proses Quarry

Bahan baku yang dipergunakan untuk pembuatan semen produk dari PT Semen Baturaja (Persero) Tbk diambil dari penambangan Quarry milik perseoran, pengambilan batu kapur dilakukan dengan cara peledakan dan Surface Minner. Kemudian, untuk pengambilan tanah lihat dilakukan dengan cara pengerukan. 

 

2) Proses Crusher

Proses pengecilan ukuran batu kapur serta tanah lihat yang telah diangkut menggunakan Crusher dengan Dump Truck sampai berukuran 8 cm di dalam Crusher. Selanjutnya di simpan di Stock Pile (storage)

 

3)  Proses Storage

Penampungan bahan baku yang telah di kecilkan proses sebelumnya disimpan di dalam storage. Kemudian, akan dilakukan prehomogenisasi di reclaimer, proses tersebut menjadi bagian penting untuk menjamin kualitas produk yang akan dihasilkan dari raw meal sampai produk akhir (semen).

 

4) Proses Raw Mill

Bahan baku dimasukan ke dalam Raw Mill untuk ditambahkan pasir besi dan pasir silika, kemudian digiling serta dikeringkan menjadi Raw Meal. Raw Meal memiliki sifat fisika maupun kimia sebagai pengatur proporsi  bahan-bahan yang akan diumpankan ke dalam proses untuk kontrol kualitas produk.

 

 5) Proses Pemanasan dan Pembakaran (KILN)

Raw Meal yang disimpan di dalam CF Silo digunakan sebagai Umpan Kiln, serta akan mengalami beberapa proses yang akhirnya menjadi klinker. Kemudia melalui simpen pendinginan melalui alat transport untuk disimpan di Klinker Silo.

 Proses pembakaran dilakukan menggunakan bahan bakar batu bara yang telah mengalami proses penggilingan di Coal Mill.

 

6) Proses Penggilingan Clinker (CEMENT MILL)

Klinker yang ditranspor dari Klinker Silo digiling dengan Cement Mill dengan menambahkan Gypsum dan bahan lainnya untuk di proses menjadi produk semen yang berkualitas.

 

7) Proses Pengantongan Semen (Packing Plant)

Produk yang telah jadi di kemas dengan berbagai ukuran berupa zak, 50 kg, big bang 1 ton yang akan di pasarkan di berbagai wilayah di Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, serta Bengkulu.

 

PT Semen Baturaja (Persero) Tbk setelah melalui proses produksi yaang panjang, menghasilkan produk yang berkualitas yang dibuktikan dengan telah memenuhi kriteria SNI. Produk yang dihasilkan memiliki kegunaan, keunggulan, serta ukuran pengemasan yang telah disesuaikan. Jenis produk yang dihasilkan oleh PT Semen Baturaja (Persero) Tbk sebagai berikut.

 

1) Portland Composite Cement (PCC)

Portland Composite Cement (PCC) sebagai salah satu produk dari PT Semen Baturaja (Persero) Tbk yang telah memenuhi kriteria SNI 7064 : 2014 sehingga menjadi rekomendasi utama untuk keperluan bangunan konstruksi pada umunya. Produk PCC memiliki beberapa keunggulan, seperti: memiliki panas hidrasi yang lebih rendah sehingga lebih mudah ketika proses pengerjaan, dapat menghasilkan permukaan beton serta plester yang lebih rapat dan halus, memiliki daya rekat kuat dan kedap air. Produk PCC ini tersedia dalam kemasan zak 50 kilogram serta big bang 1000 kilogram dan curah.

 

 2) Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe I

Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe I menjadi salah produk dari PT Semen Baturaja (Persero) Tbk yang telah memenuhi SNI 2049 : 2015 yang dapat digunakan tanpa syarat-syarat khusus untuk semua mutu beton. Produk OPC Tipe I ini memiliki keunggulan dalam pemakaiannya, seperti: lebih cepat kering, memiliki daya rekat yang kuat, hasil adukan yang tidak mudah retak dan kekuatan tekan yang baik.  OPC Tipe I tersedia dalam kemasan zak 50 kilogram, bigbag 1000 kilogram dan curah.


 

 3) Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe II

Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe II merupakan salah satu produk dari PT Semen Baturaja (Persero) Tbk yang juga telah memenuhi SNI 2049 : 2015. Produk ini pada umumnya dipergunakan pada bangunan yang terdapat di pinggir laut, tanah rawa, dermaga, saluran irigasi, dan bendungan. OPC Tipe II sangat mendukung untuk keperluan bangunan yang memerlukan ketahanan terhadap kandungan asam sulfat sedang (0.10 - 0.20%) dan panas hidrasi yang bersifat sedang ''Medium Resistance''. OPC Tipe II tersedia dalam kemasan bigbag 1000 kilogram dan curah.


 

 4) Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe V

Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe V telah memenuhi kriteria SNI 2049 : 2015. Sebagai salah satu produk dari PT Semen Baturaja (Persero) Tbk yang dapat direkomendasikan untuk keperluan bangunan konstruksi yang memerlukan ketahanan terhadap kandungan asam sulfat tinggi (lebih dari 0.20%) & panas hidrasi bersifat tinggi “Ultra Resistance”.  Sehingga OPC Tipe V sangat sesuai untuk bangunan konstruksi di bawah air, pelabuhan, terowongan, kawasan tambang, bangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan project geothermal. Produk OPC Tipe V tersedia dalam kemasan bigbag 1000 kilogram dan curah.


 

 5) Baturaja Mortar

PT Semen Baturaja (Persero) Tbk memiliki produk semen instan yang diformalisasikan dengan fungsi dan kegunaan yang spesifik, produk tersebut adalah Baturaja Mortar (Semen Mortar). Penggunaan Baturaja Mortar sangat mudah karena penggunaannya tidak perlu penambahan material lain, tapi dapat langsung diaplikasikan hanya dengan menambahkan air secukupnya. Produk ini memiliki beberapa keunggulan seperti: aplikasi lebih tipis, sehingga lebih hemat pemakaian, serta menggunakan aditif khusus untuk meningkatkan kualitas. lebih praktis, berkualitas dan efisien. Produk Baturaja Mortar terdapat  5  jenis: perekat keramik, pasangan bata dan plesteran, pasangan bata ringan, acian abu-abu dan acian putih yang tersedia dalam kemasan zak 40 kilogram dan 25 kilogram.

 

     Produk PT Semen Baturaja (Persero) Tbk merupakan solusi dalam membangun bangunan untuk hunian yang nyaman serta sarana dan prasarana yang membutuhkan ketahanan untuk membentuk rasa aman. Dari berbagai jenis produk yang dikembangkan oleh PT Semen Baturaja (Persero) Tbk telah mendapatkan kelayakan serta memenuhi kriteria SNI.

PT Semen Baturaja (Persero) Tbk berusaha hadir dalam setiap pengembangan modernisasi, lingkungan, sosial, ekonomi, serta peningkatan mutu terhadap kualitas produk yang terus dikembangkan dengan proses yang teliti. Bersama PT Semen Baturaja (Persero) Tbk mari kita mendirikan bangunan yang berkualitas dan tahan lama.

0 Response to "Percayakan Bangunan Anda kepada Semen Baturaja: Terpercaya, Kualitas Terjaga, dan Tahan Lama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Feed 1

Feed 2