Kuliah Sambil Kerja, Saya Juga Bisa

 

Writing Competition Politeknik Gunakarya Indonesia

 

“Kenapa harus kuliah?”

“Orang sukses tidak semuanya kuliah”

Terdapat beberapa orang sukses tanpa melalui jenjang perkuliahan, kemudian memberikan motivasi melalui seminar, atau melalui buku. Namun, yang perlu diketahui, seberapa keras mereka bekerja keras dibandingkan orang lain diwaktu yang sama, serta kondisi lingkungan disekitarnya. Kemudian, belajar darimana orang-orang sukses tersebut, yang perlu ditekankan bahwa mereka juga belajar dari pengalaman dengan melakukannya sendiri, mempunyai tempat bertanya, serta membaca buku. Serta, hanya segelintir orang sukses tanpa mengawali dengan kuliah.

Di era revolusi 4.0 terdapat banyak peluang kerja untuk mengembangkan karier, bahkan ketika sedang menempuh jenjang perkuliahan. Kuliah sambil kerja bukan suatu yang mustahil di era sekarang. Mencari uang untuk memenuhi kebutuhan kuliah tanpa memberatkan orang tua, kuliah sambil kerja menjadi sebuah solusi.

“Kenapa harus kuliah? Biaya perkuliahan  mahal,”

Menjadi sebuah ketakutan tersendiri untuk seseorang melakukan kuliah sambil kerja, kekhawatiran itu muncul dikarenakan biaya kuliah yang pada umumnya cukup mahal. Akan tetapi tidak semua perguruan tinggi, universitas, politeknik di Indonesia mematok harga yang mahal, atau sekali bayar. Terdapat pula yang mematok harga cukup murah serta dibayar angsuran atau dicicil.

Terdapat beberapa alasan, kenapa kuliah dianggap penting untuk karier di era revolusi 4.0.

Persaingan dalam dunia kerja, baik untuk menjadi karyawan atau mendirikan suatu usaha sangatlah ketat, untuk menjadi sukses tentunya tidak semudah membalikan telapak tangan. Dengan membaca buku motivasi atau keluar dari ruangan seminar mendadak menjadi sukses. Diperlukan usaha, pengetahuan, serta praktik yang mendukung.

Ketika dalam lingkungan perkuliahan, kita akan ditempatkan di lingkungan yang mendukung untuk mendapat pengetahuan lebih serta kesempatan praktik guna menyalurkan pengetahuan yang telah diperoleh. Di lingkungan perkuliahan, kita akan memiliki lingkungan yang dapat digunakan sebagai sarana mengembangkan keterampilan atau softskill yang akan menjadi bekal atau nilai plus dalam persaingan kerja dibandingkan orang-orang lain. Terdapat banyak mahasiswa yang memanfaatkan softskill yang diperoleh untuk mendapatkan tambahan uang dengan kuliah sambil kerja. Misalkan, softkill menulis, menjadi freelancer dalam menulis jurnal, esai, atau karya tulis ilmiah. Atau kuliah sambil kerja sesuai program studi yang diambil, seperti di bidang pendidikan menjadi guru, teknik elektronika, teknik mesin, teknik komputer, akuntansi, dan sebagainya.

Kuliah sambil kerja, dapat dilakukan oleh siapapun. Di dalam perkuliahan akan mendukung proses sosialisasi sehingga menunjang untuk bersaing di era society 5.0. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi serta terdapat banyak mahasiswa yang dapat menjadi tempat diskusi, akan membuka pemikiran kita menjadi kritis, dapat melihat peluang, serta tidak melihat segala sesuatu hal dari satu sudut pandang saja. Berbagai proses tersebut, akan menjadi jalan untuk medukung ketika seorang  mahasiswa memutuskan untuk kuliah sambil kerja, karena akan semakin banyak kenalan ataupun sahabat yang pada suatu waktu akan memberikan kita kesempatan.

Pentingnya kuliah untuk karier,  dapat dibuktikan dengan hampir semua pekerjaan, atau lowongan pekerjaan akan mengutamakan tingkat pendidikan yang tinggi. Semakin tinggi pendidikan yang dimiliki dengan melalui jenjang perkuliahan, akan memiliki peluang lebih untuk mempunyai karier yang lebih baik, ditambah lagi dengan softskill atau keterampilan yang telah didapat akan menjadi nilai tambah.

Pentingnya kuliah, penting guna membangun karier. Sebelum memutuskan untuk melanjutkan kuliah kita perlu memperhatikan tempat ketika menempuh jenjang perkuliahan. Terdapat banyak universitas, perguruan tinggi, atau politeknik di Indonesia yang memiliki kualitas yang bagus, kita perlu memperhatikan peluang karier yang akan kita dapat setelah lulus di program studi yang diambil, dengan berbekal softskill serta pengetahuan yang kita dapat, untuk menentukan tujuan kita, apakah akan membangun usaha, menjadi karyawan di suatu perusahaan, atau melanjutkan pekerjaan ketika kuliah dengan lebih serius.

Semua bisa kuliah,untuk mencapai kehidupan yang lebih cerah.

 


Comments

  1. Bagus kak, kuliah untuk siapa saja, pasti ada jalan☺️

    ReplyDelete
  2. Bagus kak, kuliah untuk siapa saja, pasti ada jalan☺️

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lomba Cipta Puisi GRATIS! Lomba Cipta Puisi Swadjiwa dan Ellunar Publisher,

Pimpinan Ranting IPNU dan IPPNU MOJOPAHIT Bagi Takjil Gratis Ke Pengendara, Berbagi di Bulan Penuh Berkah

5M: Menghargai Air, Menghargai Kehidupan